Mengenal Sang Supercar Lamborghini

Lamborghini, siapa yang tidak tahu merek mobil asal Italia satu ini? Ya, Lamborghini mobil yang menjadi impian anak muda sekarang karena desainnya yang agresif dan ekstrem. Namun siapa sangka dulunya ia bukan memproduksi mobil mewah, melainkan hanya traktor.

Ferruccio Lamborghini adalah aktor di balik lahirnya Lamborghini. Awalnya, traktor dengan merek Lamborghini Trattori, dibuat dari bahan baku militer sisa dari Perang Dunia II yang melimpah saat itu.

Awal mula Lamborghini membuat supercar berawal karena hinaan dari Enzo Ferrari, yang tidak menerima kritik dari Lamborghini soal kopling Ferrari 250 GT yang ia beli. Enzo malah berkata, “Masalahnya bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!” dan juga Ferrari mencemooh kalau Lamborghini fokus membangun traktor saja.

Karena alasan tersebut, membuat Lamborghini mulai membuat mobil supernya dan membuat mobil yang akhirnya dirilis di Geneva Auto Show 1964, yaitu Lamborghini 350 GT.

Sejarah menerus, walau banyak tipe Lamborghini yang tidak lagi dirilis, seperti Diablo, Murcielago atau Gallardo. Kini Lamborghini punya beberapa tipe yang jadi andalan dipasaran.

  1. HURACAN

Huracan adalah supercar terkecil Lamborghini. Bisa dibilang, ini adalah adiknya Aventador. Huracan memiliki beberapa pilihan trim, di antaranya, Huracan Coupe, Spyder (atap terbuka), RWD Coupe, RWD Spyder, Performante dan Performante Spyder.

Berbekal mesin V10 dengan kapasitas 5.200 cc, mobil ini memiliki output tenaga hingga 640 dk pada 8.000 rpm dan torsi 600 Nm pada 6.500 rpm.

Tenaga itu diteruskan ke transmisi dual clutch gearbox LDF (Lamborghini Doppia Frizione) 7 percepatan. Namun penggeraknya, tergantung tipe yang dipilih, Huracan ada opsi sistem penggerak all wheel drive atau RWD (Rear Wheel Drive).

Banyak yang sudah cukup merasakan sensasi tenaga di atas 600 dk itu di keempat roda. Namun ada juga yang punya nyali berlebih, ingin merasakan tenaga sebesar itu hanya di roda belakang. Pasti gampang banget bikin roda spin nih.

Hasilnya Huracan dapat melesat dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 3,1-3,2 detik. Dan top speed dari mobil ini dapat mencapai 325 km/ jam.

Menariknya, Huracan seri Performante/Performante Spyder memiliki aksesori premium yang disebut ALA (Aerodinamica Lamborghini Attiva). Komponen ini meliputi aksesori yang membantu memperbaiki aerodinamika. Penggunaan bahan juga tidak tanggung-tanggung, yaitu forged karbon dari mulai spoiler sampai interior.

  • AVENTADOR

Aventador adalah seri paling idaman dari Lamborghini. Mobil ini memiliki sumber tenaga berkonfigurasi V12, dengan kapasitas 6.500 cc. Aventador punya 3 varian yakni S Coupe, S Roadster dan SVJ Coupe. Masing-masing punya output tenaga yang berbeda, misal pada S Coupe sebesar 740 dk dan torsi 690 Nm.

Sementara versi SVJ memiliki tenaga lebih besar yaitu 770 dk dan torsi 720 Nm. Aventador memiliki transmisi ISR (Independent Shifting Rods) gearbox dengan 7 percepatan, dan untuk varian SVJ, karakter dari pergantian gigi juga terhubung dengan mode berkendaranya.

Dari tenaga mesin yang sebesar itu, ditambah pergantian gigi yang cepat, kombinasi tersebut mampu membawa mobil ini dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 2,8 detik. Dan dapat digeber terus sampai 361 km/jam.

Sama seperti Huracan Performante, Aventador SVJ juga sudah menggunakan New Ala 2.0 Active Aerodynamic aero-vectoring, dengan berbagai aksesori yang dapat membantu aerodinamika yang lebih baik.

Aventador memiliki keunikan pada roda. Kalau biasanya hanya ukuran ban yang belang, tetapi pelek pun ikut belang. Bagian depan menggunakan diameter 20 inci, sementara belakang 21 inci.

Pelek sporti ini dibalut ban yang tidak kalah premiumnya yaitu new Pzero Corsa 255/30ZR20 92Y di depan dan new Pzero Corsa 355/25ZR21 107Y untuk belakang.

  •  URUS

SUV dari Lamborghini ini, memiliki desain yang sama agresifnya dengan model supercar-nya. Tenaganya terbilang besar, walau kapasitas mesinnya paling kecil dibanding saudara-saudaranya yang lain.

Berbekal mesin V8 dengan kapasitas ‘hanya’ 4.000 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 650 dk pada 6.000 rpm dan torsi 850 Nm pada 2.250-4.500 rpm. Tenaga sebesar itu disalurkan ke penggerak 4 roda yang sudah dilengkapi dengan LSD (Limited Slip Differential).

Kecepatan maksimal dari SUV super ini dapat mencapai 305 kpj. Menariknya lagi walau berbodi besar, untuk menempuh 0-100 kpj dapat dicapai dalam waktu 3,6 detik saja.

Di bagian kaki-kaki, Urus menggunakan pelek 21 inci dibalut ban ukuran belang yaitu 285/45ZR21 pada bagian depan dan 315/40ZR21 di belakang.

Rem juga menggunakan bahan yang tidak kalah premium, cakram berbahan keramik dengan bagian depan dijepit 10 piston dan 1 piston untuk di belakang.

  • CENTENARIO

Mobil ini adalah sebagai tanda peringatan 100 tahun dari pendiri Lamborghini yaitu Ferruccio Lamborghini. Centenario memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Aventador SVJ.

Mesin yang digunakan masih sama V12 dengan output tenaga 770 dk, hanya torsinya yang berbeda, torsi Centenario lebih kecil dengan 690 Nm. Dari berat mobil ini juga tidak jauh berbeda dari SVJ, lebih ringan 5 kg dari SVJ, jika keadaan kosong tanpa bensin.

Centenario hanya dibuat terbatas 40 unit, yakni 20 versi coupe dan 20 unit versi roadster.

  • VENENO

Jika Aventador sudah terlihat agresif, ada juga yang lebih agresif lagi, yakni Veneno. Sebab Veneno adalah supercar yang berbasis dari Lamborghini Aventador.

Mobil ini juga yang paling mahal dari semua jajaran Lamborghini. Sebab untuk menebus mobil ini, Anda harus merogoh kocek hingga US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 60 miliar.

Sama seperti Aventador, mobil ini dijejali mesin V12 berkapasitas 6.500 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 750 dk.

Hasilnya adalah, akselerasi dari 0-100 kpj dapat dicapai hanya dalam waktu 2,8 detik dengan top speed hingga 355 kpj. Plus ini adalah varian paling limited, karena hanya diproduksi sebanyak 9 unit!

Tinggalkan Balasan