4 Hal Wajib di Taati Sebelum menaiki Sepeda Motor

Saat ini, tingkat resiko berkendaraan dijalan perlu perhatian khusus, hal ini disebabkan laporan tingkat kecelakaan yang semakin lama semakin tinggi. Selain tingkat kecelakaan kendaraan roda empat dan lebih, tingkat kecelakaan pengendara roda dua juga semakin tinggi. Hal ini mungkin karena kurangnya persiapan atau kurangnya disiplin bagi si pengendara dalam melajukan kendaraannya. Saat berkendara di jalan raya, keselamatan adalah hal nomor satu. Beragam faktor harus diperhatikan, bukan soal kemampuan saja, kondisi sepeda motor pun harus diperhatikan.

Setidaknya, ada empat hal sederhana bagi pengendara kendaraan roda dua yang wajib diperhatikan sebelum berkendara di jalan raya.

1. Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum berkendara, apa lagi berkendara yang menempuh jarak yang relative jauh, pemilik kendaraan sebaiknya selalu melakukan pengecekan terhadap motor yang digunakan. Mulai dari tekanan angin pada ban, kelayakan pemakaian ban kendaraan, kelistrikan dan pengereman.

Baca juga: 6 Tips Berkendara yang Tetap Aman Saat Hujan

Hal ini wajib dilakukan untuk memastikan motor dalam kondisi baik serta prima dan tidak ada kerusakan ketika dipakai di jalan nantinya.

2. Menggunakan Helm Standar SNI

Selalu gunakan helm dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Gunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas, dan nyaman dipakai. Semua ini adalah hal yang sangat wajib mengingat bagian kepala adalah bagian yang sangat vital dan sangat berbahaya bila terkena benturan ataupun kecelakaan dapat menyebabkan pengendara mengalami luka yang serius dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Selain helm, ada baiknya perlengkapan safety riding lain juga perlu dipakai. Seperti jaket, sarung tangan, sepatu, dan celana panjang.

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas di Jalanan

Sebelum berkendara, Anda harus tegas kepada diri Anda sendiri. Pastikan saat berkendara nanti jangan melanggar lalu lintas. Jangan karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas, seperti mengikuti marka jalan dengan baik, tidak menerobos lampu merah serta tidak mengendarai kendaraan berlawanan arah. Hal itu berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tinggalkan Balasan