6 Tips Berkendara yang Tetap Aman Saat Hujan

Hujan merupakan siklus cuaca yang tidak bisa dihindari. Berkendara saat hujan turun merupakan sebuah tantangan tersendiri. Jarak pandang yang rendah dan medan yang licin dapat mempengaruhi keselamatan pengendara.

Menurut United States Department of Transportation, jalanan yang basah berpengaruh pada sekitar 950.000 kasus kecelakaan tiap tahunnya.

Karena itu, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengemudi agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Berikut beberapa cara berkendara yang aman saat hujan turun.

1.Menyalakan Lampu Kendaraan

Saat hujan turun deras, jarak pandang akan semakin menyempit sehingga sulit untuk melihat kendaraan di sekitar. Karena hal tersebut, sangat penting untuk menyalakan lampu mobil agar membantu menambah jarak pandang dan membantu pengendara lain melihat posisi anda. Apabila lampu biasa tidak cukup, coba gunakan lampu jauh untuk membantu penglihatan.

Baca juga: Perawatan Pada Kendaraan Moge yang Jarang Dipakai

2.Gunakan Aturan Enam Detik

Aturan ini diterapkan untuk menjaga jarak antar kendaraan. Dalam kondisi normal, National Safety Council merekomendasikan jarak yang diperlukan adalah tiga detik. Namun, saat hujan turun ada baiknya menambah jarak tersebut hingga enam detik.

Untuk menentukan waktu tersebut, gunakan sebuah penanda misalkan pohon atau bangunan. Tandai saat kendaraan di depan anda melewati penanda tersebut, lalu hitung berapa waktu yang anda butuhkan untuk melewati penanda yang sama. Apabila di bawah enam detik, maka ada baiknya anda mengurangi kecepatan.

3.Perhatikan Pejalan Kaki Disekitar Kita

Saat turun hujan, pejalan kaki seringkali menggunakan fokusnya untuk menjaga diri agar tetap kering sehingga tidak memperhatikan lingkungan. Karena hal itu, pengendara harus lebih waspada dan memperhatikan apakah terdapat pejalan kaki di sekitar.

4.Menjaga Jarak dengan Kendaraan Besar

Berkendara dekat dengan kendaraan besar seperti truk atau bus adalah suatu hal yang berbahaya. Selain sulit bagi anda melihat kondisi jalan di depan, kendaraan besar juga seringkali tidak bisa melihat kendaraan kecil yang membuntutinya, apalagi dalam kondisi hujan.

5.Hindari Pergerakan Secara Tiba-Tiba

Jalanan yang basah berpotensi membuat ban kehilangan traksi dan cengkraman pada aspal. Apabila gerakan dilakukan secara tiba-tiba maka bukan tidak mungkin kendaraan akan tergelincir dan hilang kontrol.

6.Berkendara dengan Kecepatan yang Rendah

Kecepatan yang tinggi dapat membuat mobil tergelincir akibat berkurangnya traksi. Karena itu, ada baiknya menggunakan kecepatan rendah saat turun hujan agar pengendara memiliki kendali penuh pada kendaraan.

Tinggalkan Balasan