Langkah-langkah Memelihara Sugar Glider Bagi Pemula

Bagi para penghobi pelihara binatang pastinya tidak asing dengan binatang satu ini. Yah binatang lucu yang banyak diminati ini tidak lain adalah Sugar Glider. Sugar Glider merupakan salah satu hewan lucu yang banyak dipelihara oleh pencinta binatang. Sama seperti hamster, binatang lucu ini sangat aktif, menggemaskan, lucu dan pintar. Tapi bagi beberapa orang masih tidak tahu, sebenarnya hewan apa sih ini? Jadi, sugar glider merupakan hewan berjenis marsupila (mamalia berkantung) seperti kangguru dan koala, jadi bukan hewan pengerat. Hewan ini juga termasuk hewan noktural atau hewan yang aktif di malam hari.

Buat kamu yang mau atau baru memelihara hewan imut ini, yuk, ikuti 4 langkah merawat dan memeliharanya.

1. Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal yang penting untuk hewan ini. Hewan ini adalah hewan yang aktif jadi memerlukan kendang yang luas untuk memudahkannya untuk bergerak dengan bebas.

Seperti yang ditulis dalam laman arenahewan.com, ukuran minimum kandang yang ideal adalah tinggi 30 cm dengan lebar 60 cm dan jarak diantara jeruji tidak melebihi dari 1.25 cm. Akan lebih baik lagi jika kamu menyiapkan ukuran kandang yang jauh lebih besar agar sugar glider bisa leluasa untuk bermain.

Baca juga: Rahasia Perut Seksi dan Ramping Bak Selebritis

Hindarilah memilih kandang yang terbuat dari baja galvanis sebab bisa berkarat dan menyebabkan sugar glider terkena infeksi kandung kemih. Pastikan kandang yang anda gunakan terbuat dari jaring atau dengan jeruji horizontal sehingga sugar glider nantinya bisa memanjat dalam kandang. Siapkan juga botol minum yang biasa dipakai pada hamster agar air tidak tumpah sekitar kandang.

Harus ada alas baki untuk menampung kotoran dan sisa makanan agar mudah untuk dibersihkan. Bisa juga menaruh pouch atau bantalan. Sediakan juga kantong yang bisa terbuat dari wol atau kain dengan lubang besar untuk dimasuki sugar glider. Sebaiknya taruh kandang di tempat yang sering dilalui manusia dan dekat dengan pemiliknya supaya cepat jinak.


2. Makanan dan minuman

Harus ada 3 komponen utama dalam makanannya, seperti yang dilansir dalam arenahewan.com, yakni protein, buah dan sayur. Termasuk juga vitamin sebagai proses pembentukan energi. Untuk minuman pun harus yang cukup supaya selalu sehat. Gunakan air yang sudah disaring dan bukan air tanah. Air juga bisa dicampur dengan jus buah sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Perawatan kuku

Merawat kukunya merupakan perawatan yang tidak kalah penting untuknya. Kuku yang panjang bisa saja membuat tangan pemilik yang mau memegangnya menjadi terluka. Cara memotongnya pun tidak bisa sembarangan. Kalau salah memotong bisa melukai kakinya.

Untuk memotongnya juga harus diperhatikan dan wajib  berhati-hati. Potong ujung kukunya saja, jangan terlalu dalam, karena bisa mengakibatkan pendarahan dan luka. Jika sudah terlanjur dan berdarah, segeralah berikan perawatan secepat mungkin agar tidak terjadi infeksi.


4. Mandikan Agar Sehat dan Tidak Bau

Kamu harus memandikan sugar glider kamu secara berkala. Jika tidak dimandikan maka bulunya bisa mengeluarkan aroma tidak sedap akibat terkena air seni atau kotorannya. Sama dengan hamster yang tidak boleh terkena air secara langsung. Laman hobibinatang.com menyarankan agar hewan ini dimandikan dengan teknik ‘kering’ hanya menggunakan tisu basah.

Bila hewannya memang bau, pakai sampo untuk membersihkan badan dan bulunya. Kemudian ‘bilas’ dengan tisu basah lalu keringkan dengan handuk.

Biasakan pilihlah waktu yang tepat dan sangat saat anda mau memandikan binatang kesayangan anda ini agar sugar glider anda tidak sakit. Biasanya disarankan pada siang hari agar bulu-bulu pada hewan peliharaan anda ini cepat kering.

Tinggalkan Balasan