Mengenal Gunpla, Sebuah Hobi Merakit Gundam Bagi Pecinta Mecha

Bagi para penggemar film anime jepang, nama Gundam mungkin sudah tidak asing lagi. Film animasi robot ini dibuat oleh studio Sunrise di Jepang pada 1979. Film ini mendapatkan respons yang luar biasa dari seluruh dunia termasuk Indonesia sampai saat ini.

Dalam perkembangannya, Gundam tidak sekadar film, tetapi merambah ke berbagai hal seperti game dan gunpla (Gundam plastic model). Gunpla sendiri adalah mainan model kit Gundam yang terbuat dari plastik dan harus dirakit terlebih dahulu.

Mainan ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak muda, kalangan orang tua pun masih bisa memainkan gunpla ini. Mainan ini juga memiliki beberapa tingkat kesulitan dan itu tidak mungkin bisa dimainkan oleh anak kecil.

Jadi, gunpla dapat dikatakan sebagai barang hobi daripada sekadar mainan biasa. Penggemarnya pun kebanyakan remaja berumur 15 tahun ke atas. Bahkan, ada yang sampai lebih fokus mendalami hingga ke tingkatan custom dan repaint.

Baca juga: Langkah-langkah Memelihara Sugar Glider Bagi Pemula

Sebelum kita terjun untuk merakit gundam, ada baiknya kita mengetahui dulu tentang jenis-jenis gundam rakitan sesuai dengan tingkat kesukaran dalam perakitannya. Berikut jenis-jenis gunpla berdasarkan tingkat kesulitan dan skalanya:

1. Super Deformed (SD)

Super Deformed adalah versi gunpla yang paling unyu, lucu dan juga imut. Tinggi gunpla ini hanya sekitar 8-10cm . Berbeda dengan versi lainnya yang mana kamu bisa menggerakkan sesuai keinginan mu, Super Deformed ini memiliki artikulasi pergerakan yang sangat terbatas karena memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bagian sendi yang tidak fleksibel.

Saya rasa ini wajar saja, karena Super Deformed memang tidak dibuat untuk menjadi gunpla yang bisa digerakkan, melainkan untuk ditampilkan dalam bentuk yang lucu saja. Super Deformed ini merupakan jenis gunpla yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat mudah untuk dirakit.

2. High Grade (HG)

High Grade adalah versi gunpla yang paling standar dan banyak beredar di pasaran saat ini. High Grade memiliki ukuran dengan skala 1/144 dari ukuran Gundam asli, atau sekitar 13-15cm. High Grade secara umum lebih gampang dirakit dibanding dengan versi lainnya karena detail dan artikulasi gunpla ini tergolong standar.

Detail dan warna part pada versi ini juga terbatas, itulah mengapa kamu harus menempelkan stiker di beberapa part untuk memberikan warna dan detail  yang lebih akurat. Namun secara keseluruhan, ini adalah versi yang cocok bagi kamu yang masih tergolong pemula dalam merakit gunpla.

3. Real Grade (RG)

Real Grade adalah versi gunpla yang sangat canggih karena dilengkapi dengan Advanced MS joint part  yang memiliki tingkat artikulasi yang sangat tinggi. Detail gunpla pada versi ini sangatlah menakjubkan. Nantinya, part-part yang akan kamu rakit memiliki ukuran yang sangat kecil karena meniru detail mekanisme dari mesin Gundam yang asli.

Walaupun demikian, dengan detail yang dibuat sedemikian futuristik, bentuk gunpla ini akan terlihat indah di mata setiap orang yang melihatnya, seakan-akan terbuat dari bahan logam yang mirip dengan versi serial anime-nya.

4. Master Grade (MG)

Bagi kamu yang ingin merakit gunpla dengan ukuran yang lebih besar, Master Grade bisa menjadi pilihan kamu karena gunpla ini memiliki skala 1/100 dari ukuran Gundam aslinya, atau sekitar 17-18cm. Tingkat detail serta artikulasi yang tinggi membuat bagian tubuh gunpla ini mudah untuk digerakkan.

Dengan ukurannya yang tergolong besar, merakit gunpla versi ini membutuhkan waktu yang cukup lama.  Gunpla ini dianjurkan untuk orang yang suka tantangan dan memiliki banyak waktu untuk merakitnya.

5. Perfect Grade (PG)

Sesuai namanya, Perfect Grade adalah versi gunpla yang sempurna dan terbaik dibandingkan dengan versi yang lain. Tingkat kesulitan dalam merakit gunpla ini sangatlah rumit, bahkan jumlah part yang perlu dirakit bisa mencapai ribuan.

Namun, semua kesulitan dan susah payah saat merakitnya itu akan terbayar dengan detail yang realistis dan menakjubkan. Beberapa gunpla Perfect Grade bahkan memiliki LED yang dapat membuat gunpla ini menyala, contohnya adalah Perfect Grade Unicorn Gundam yang dapat bersinar merah menyala.

Bagaimana? Sudah menentukan jenis gunpla pertama yang ingin kamu coba? Cobalah untuk mencari informasi di internet tentang Gundam untuk mengenali berbagai macam Gundam dengan varian bentuk, warna, dan senjata yang berbeda-beda untuk membantu kamu menentukan robot  Gundam apa yang ingin kamu miliki!

Tinggalkan Balasan