Tutorial Cara untuk Merakit Gunpla Kita

Gundam Model kit, Hobi yang mulai digemari tidak hanya dikalangan anak muda ini memang sudah merambah kebanyak kalangan yg tidak terbatas umur.

Pada dasarnya model kit Gundam terdiri dari bagian  bagian terpisah yang harus dirakit dari bagian kaki, badan, tangan, kepala hingga akhirnya menjadi gunpla.

Merakit gunpla tidaklah semudah yg dibayangkan terlebih lagi bagi pemula yang baru pertama kali ingin merakit gunpla, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan dan juga harus memperhatikan simbol penting saat merakit, karena buku panduan merakit pada dasarnya berbahasa jepang.

Walaupun berbahasa jepang, kita masih bisa melihat panduan dalam bentuk gambar yg disediakan, nah karena kita hanya terpaku pada panduan bergambar, ada yang harus diperhatikan saat ada symbol symbol unik yang berarti sebuah petunjuk, maksud dari symbol ini akan kita jelaskan dibawah.

Baca juga: Mengenal Gunpla, Sebuah Hobi Merakit Gundam Bagi Pecinta Mecha

sebelum kita mulai ketahap merakit, ada beberapa tahap yang harus kita pahami sebelum merakit gunpla ataupun memilih gunpla pertama anda.

Pemilihan Grade Gunpla Untuk Pemula

Gunpla ini memiliki grade berbeda-beda didasarkan pada tingkat kerumitan, skala, artikulasi dan detail. Pemilihan grade gunpla juga sangat penting bagi pemula yang baru pertama kali ingin merakit gunpla, berguna agar tidak salah memilih gunpla dengan grade sulit.

sebelum anda membeli gunpla untuk pertama kali, ada baiknya memulai dari grade yang mudah yakni(SD) atau HG.

Gunpla dengan grade SD (Super Deformed) atau Grade HG (High grade) ini tergolong mudah untuk seorang yang baru merakit gunpla, karena part tidak terlalu banyak dan sangat mudah dirakit.

Jadi pastikan memilih grade gunpla yang mudah dulu baru naik ketingkat grade RG/MG/PG. Grade pada gunpla juga sudah diberi tanda pada box, jadi akan lebih mudah memilih dan membedakan grade-nya. 

Istilah Yang Sering Digunakan Merakit Gunpla

Karena kebanyakan orang yang membaca artikel ini tergolong pemula, yang sedang mencari tahu cara merakit gunpla. Jadi dapat dipastikan masih belum terlalu mengerti istilah-istilah yang sering digunakan di dunia model kit gundam ini

Istilah ini juga harus anda pahami terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perakitan. Berguna membantu anda pada tahap perakitan gunpla dan terbiasa dengan arti yang dimaksud

berikut ini istilah kata yg sering digunakan dalam perakitan gunpla

  • Runner : tempat part menempel
  • Nubmark : sedikit sisa dari runner ketika parts dipotong
  • Decal : gambar motif yang dipindahin ke suatu permukaan, decal umumnya ada 2 macam yakni decal gosok(dry transfer), dan waterslide decal(yang pakai air).
  • PC (Polycap) : parts seperti karet sebagai join/sendi dari gunpla
  • Innerframe : rangka dalam dari gunpla (Grade RG,MG,PG dan beberapa HG yang berupa semi-innerframe)

Peralatan Untuk Merakit Gundam Model Kit

Sebelum memulai tahap perakitan tentunya dibutuhkan alat-alat bantu perakitan seperti tang potong, modeler knife dan amplas, dan opsional dengan alas cutting mat biar kalau foto w.i.p keliatan professional heheā€¦

Peralatan untuk merakit gunpla ini berguna memudahkan proses perakitan pemotongan dan pengamplasan nubmark. Selain membantu merakit juga dapat memberikan hasil rakitan bagus yang bersih dari nubmark.

Berikut ini peralatan yang harus dipunyai pemula saat ingin merakit gundam

  • Tang potong/nipper
  • Modeler knife
  • Amplas grid 800 dan 1000
  • Alas cutting mat (pilihan)

Jika anda  baru pertama kali dan belum punya alat diatas, bisa memakai alat alternative berikut ini.

Dan jika sudah suka merakit gundam dan koleksi anda terus menambah, disarankan lebih baik beli alat diatas , alasannya karena akan lebih efisien mudah dan cepat saat merakit gunpla.
Alat diatas bisa dibeli di gramedia atau toko hobi terdekat.

  • Gunting kuku
  • Cutter
  • Amplas grid 800 dan 1000

Mengenal dan Memahami Buku Manual

Ketika pertama kali membuka box gunpla dan melihat si buku manual perakitan, apa yang anda liat? yap cuman tulisan jepang dan gambar petunjuk. kebanyakan pemula merasa bingung karena melihat bahasanya jepang.

Tidak perlu khawatir jika tidak bisa membaca manual yang berbahasa jepang karena terdapat cara lain yang disediakan Bandai untuk membantu perakitan gunpla yakni dengan petunjuk-petunjuk bergambar berdasarkan perbagian yang harus dirakit.

Pada umumnya model gunpla dengan grade HG/RG MG terdapat satu buku manual, sementara untuk PG terdapat 2 buku manual atau kadang 3 buku manual.

buku manual memiliki langkah perakitan yang sama dimulai dengan lengan, kaki, tubuh, kepala, dan perakitan akhir seperti detail tambahan dan prosedur transformasi.

Silakan melihat-lihat isi manual untuk membisakan diri dengan petunjuk-petunjuk gambar.

pada buku manual perakitan kadang disamping petunjuk gambar terdapat simbol-simbol yang memberikan info/petunjuk pemasangan.

Cara Merakit Model Kit Gundam

Usahakan saat memotong part dr runner jangan terlalu dekat dengan part, sisakan sedikit nubmark pada part untuk dibersihkan menggunakan modeler knife. Cara ini berguna untuk menghindari part pecah berwarna putih pada nubmark.

Alat apa saja yang diperlukan untuk merakit gunpla? silahkan baca :

#LANGKAH PERTAMA

Potong part dari runner. Pemotongan usahakan sisakan sedikit nubmark.

Contoh sebagai berikut:

1. potong part dari runner dengan menyisakan sedikit sprue dari gate.

2. potong lagi sisa nubmark, kali ini agak mendekati ke part tapi tetap sisakan dikit, jgn dihabisin.

3. potong sisa nubmark pake pen knife.

4. amplas permukaan part yg msh ada sedikit sisa runner dengan amplas stik. ngegosok amplasnya usahakan searah.

5. part pun sudah bersih dari nubmark.

#LANGKAH KEDUA

mulai rakit berdasarkan urutan yang telah dijelaskan dari manual booknya. Potong semua part pada bagian mengikuti buku manual. Rakit part yang sudah dipotong mengikuti buku manual dan kuti petunjuk merakit dari urutan semuanya sampai gunpla jadi.

#LANGKAH KETIGA

Langkah berikut ini untuk memberi detail, panel line, ngecat missing color, ataupun pernish.

Tinggalkan Balasan